Nurhasna, Nurhasna (2020) Pengembangan Media Pop-Up Book Pada Materi Pecahan Kelas IV SD (Penelitian Pengembangan Media Pop up Book Materi Pecahan Pelajaran Matmatika Kelas IV SD Negeri 013 Kumantan). Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.
Text
1686206027- COVER - DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (17MB) |
|
Text
1686206027- BAB 1 - 3.pdf Download (5MB) |
|
Text
1686206027- BAB IV - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Media Pop Up Book untukrnmateri Pecahan kelas IV SD yang valid dan praktis. Penelitian ini dilatarbelakangirnoleh kurangnya semangat peserta didik dalam pembelajaran matematikarnkhususnya pada materi Pecahan. Saat pembelajaran guru hanya menggunakanrnbuku cetak dan LKS, sehingga peserta didik merasa bosan dan tidak tertarik untukrnbelajar. Untuk itu, perlu adanya pengembangan media pop up book agar pesertarndidik semangat dan lebih tertarik lagi untuk belajar. Metode penelitian yangrndigunakan adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan penelitian inirnmenggunakan model Plomp dengan tiga fase, yaitu preliminary research danrnprototyping phase dan assessment phase. Tapi karena adanya kendala waktu danrnkeadaan maka hanya dilaksanakan dengan dua fase, yakninya preliminaryrnresearch dan prototyping phase. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDrndengan objek penelitian pengembangan media pop-up book. Media pop-up bookrnini telah divalidasi dan dipraktisi oleh para ahli. Yang terdiri dari empat orangrnvalidator dan dua orang praktisi. Jenis data pada penelitian yang akan dilakukanrnterdiri data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini membuktikan bahwarntingkat validitas produk pengembangan media pop-up book pada materi danrnbahasa adalah sangat valid dengan rata-rata nilai 4,3 untuk materi dan 3,5 untukrnbahasa oleh para ahli. Media dikatakan valid jika nilai rata-rata minimal yangrndiperoleh lebih dari 2,40. Sedangkan tingkat praktikalitas produk pengembanganrnmedia pop-up book adalah sangat praktis dengan rata-rata penilaian dari siswarn96% dan rata-rata penilaian dari guru 88 %. Media dikatakan praktis jika targetrnpencapaian nilai praktikalitasnya berada pada persentase 75% sampai 100 %.rnSehingga media tersebut dapat digunakan dan dimiliki oleh guru dan pesertarndidik. Dengan demikian media pop-up book pada materi Pecahan kelas IV SDrndikategorikan valid dan praktis.rnKata Kunci: Media Pop-up Book, Pecahan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Lisa Dwi Anggraini |
Date Deposited: | 14 Oct 2021 06:25 |
Last Modified: | 14 Oct 2021 06:25 |
URI: | http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/377 |
Actions (login required)
View Item |