HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK RETARDASI MENTAL DI SDLB BANGKINANG TAHUN 2016

Syahda, Syukrianti and Mazdarianti, Mazdarianti (2019) HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK RETARDASI MENTAL DI SDLB BANGKINANG TAHUN 2016. Jurnal Basicedu, 2 (1). pp. 43-48. ISSN 2580-3735

[img] Text
48. hubungan dukungan klrga retardasi mental.pdf

Download (167kB)

Abstract

tinggi yaitu lebih dari 200 anak. Setiap orang berhak untuk tumbuh dan berkembang dalam lingkungan yang kondusif dan suportif, termasuk bagi mereka yang mengalami retardasi mental. Banyak anak retardasi mental belum mampu melakukan kegiatan sehari-hari bukan semata-mata karena ketunaannya tetapi dikarenakan lingkungan yang kurang mendukung sehingga diperlukan bimbingan dan dukungan dari pihak keluarga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga terhadap kemandirian anak retardasi mental di SDLB Bangkinang tahun 2016. Jenis desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional study. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh orang tua yang memiliki anak retardasi mental di SDLB Negeri Bangkinang Tahun 2016 yaitu 53 orang tua, dengan teknik total samping. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat dengan uji chi square. Hasil analisa bivariat didapatkan nilai p = 0,001 (p < 0,05). Diharapkan kepada guru, kepala sekolah dan keluarga agar mampu memberikan contoh prilaku mandiri agar bisa diterapkan oleh siswa, baik di rumah maupun di sekolah

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Dukungan Keluarga, Kemandirian Anak Reterdasi Mental
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kebidanan (S1)
Depositing User: Syukrianti Syukrianti Syahda
Date Deposited: 21 Jun 2025 11:54
Last Modified: 21 Jun 2025 11:54
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/3921

Actions (login required)

View Item View Item