Humairoh, Pitri (2022) Pengaruh Model Predict-Observe-Explain (POE) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas V SDN 009 Sendayan Pada Materi Siklus Air (Penelitian Kuasi Eksperimen Pada Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Materi Siklus Air Siswa Kelas V SD Negeri 009 Sendayan). Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.
Text
1. PITRI HUMAIROH (1886206022).pdf Download (930kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Predict-Observe�Explain (POE) terhadap kemampuan pemahaman konsep siwa kelas V SDN 009 Sendayan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 009 Sendayan dengan sampel kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol yang diambil dengan menggunakan tekhnik purposive sampling. Pengumpulan data penelitian dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil analisis data menujukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model Predict-Observe-Explain (POE) yaitu sebesar 87,21 lebih tinggi jika dibandingkan dengan kemampuan pemahaman konsep siswa pada kelas kontrol yang menggunakan model discovery learning yaitu sebesar 79,77. Hal ini juga terlihat dari hasil uji-t dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai sig (2-tailed) (0,002) (0,05) sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa model Predict-Observe-Explain (POE) berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa. Kata Kunci: Model Predict-Observe-Explain (POE) dan Kemampuan Pemahaman Konsep
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Lisa Dwi Anggraini |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 05:01 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 05:01 |
URI: | http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/2101 |
Actions (login required)
View Item |