Fudin, Hanif (2021) Pengaruh metode latihan skipping rope terhadap hasil lompat jauh gaya jongkok pada peserta didik kelas vii smp nenegeri 1 tapung (penelitian kuantitatif pada materi lompat jauh gaya jongkok peserta didik kelas vii smp negeri 1 tapung). Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.
Text
HANIF-1785201061.pdf Download (27MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil lompat jauh gaya jongkok yang dilakukan peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Tapung padahal, lompat jauh ini merupakan cabang olahraga atletik tertua di dunia. Untuk memperbaiki hasil lompat jauh peserta didik diberikan sebuah latihan dengan metode skipping rope, dengan cara pelaksanaan peserta didik melakukan gerakan skipping rope selama satu menit kemudian istirahat satu menit dan kembali melakukan skipping rope selama satu menit. Metode penelitian ini adalah ekperimen dengan desain one group pretest and posttest design, teknik pengambilan data secara random sampling. Pengukuran yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan lompat jauh gaya jongkok sebanyak 3x dan lompatan terjauh yang diambil sebagai nilai akhir. Hasil penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon test, paired Sampel T-test. Hasil penelitian berdasarkan output statistik “Test Statistics” diketahui Asymp.Sig (2-tailed) bernilai 0,000. Karena 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa “terdapat perbedaan signifikan skor pretest dengan skor posttest”. Kesimpulan dalam penelitian ini ada pengaruh yang signifikan antara metode latihan skipping rope dengan hasil lompat jauh gaya jongkok peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Tapung. Kata kunci: Lompat Jauh, Gaya Jongkok, Skipping Rope
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | Lisa Dwi Anggraini |
Date Deposited: | 09 Mar 2022 02:00 |
Last Modified: | 09 Mar 2022 02:00 |
URI: | http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/740 |
Actions (login required)
View Item |