Pengembangan perangkat pembelajaran daring berbasisetnoma tematika pada materi persamaandan pertidaksamaan linear kelas sma/ sederajat

Umairah, Putri (2021) Pengembangan perangkat pembelajaran daring berbasisetnoma tematika pada materi persamaandan pertidaksamaan linear kelas sma/ sederajat. Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
PUTRI UMAIRAH-1784202012.pdf

Download (17MB)

Abstract

Penelitian Pengembangan bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran Daring Berbasis Etnomatematika Kelas X SMK Negeri 1 Bangkinang tahun ajaran 2020/2021, pada kelas X TKJ 2 yang berjumlah 36 orang sebagai kelas Eksperimen dan kelas X RPL sebagai Kelas Kontrol. Penelitian ini dilakukan pada Juli 2021. Penelitian ini merupakan penelitian Pengembangan, instrumen dari penelitian ini terdiri dari Lembar Observasi keterlaksanaan pembelajaran, Lembar angket, dan lembar tes, serta hasil pengembangan Perangkat pembelajaran Daring Berbasis etnomatematika berupa aplikasi pembelajaran E-LKPD. Pada hasil tes kemampuan pemecahan masalah yaitu banyaknya siswa yang tuntas adalah 32 orang dari 36 orang siswa (88,8%) dan banyaknya siswa yang tidak tuntas adalah 4 orang dari 36 orang siswa (11,1%). Dengan demikian disimpulkan bahwa hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis pada uji coba memenuhi kriteria untuk dikatakan efektif. Kata Kunci : Perangkat pembelajaran, Pembelajaran Daring, Etnomatematika

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 18 Feb 2022 03:40
Last Modified: 18 Feb 2022 03:40
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/625

Actions (login required)

View Item View Item