Analisis faktor-faktor kesulitan belajar siswa pada pembelajaran tematik di sd muhammadiyah 028 penyasawan

Susmita, Susmita (2021) Analisis faktor-faktor kesulitan belajar siswa pada pembelajaran tematik di sd muhammadiyah 028 penyasawan. Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
SUSMITA-1786206129.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian dalam skrispi ini dilatar belakangi oleh kesulitan belajar siswa pada pembelajaran tematik. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana kendala, faktor yang mempengaruhi, dan upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan belajar siswa pada pembelajaran tematik di SDM 028 Penyasawan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian adalah siswa yang kesulitan belajar siswa kelas IV dan V SDM 028 Penyasawan, guru kelas, dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Instrument utama adalah peneliti dengan menggunakan alat bantu berupa pedoman observasi, wawancara, dokumentasi dan pencatatan lapangan. Data analisis menggunakan model Miles and Huberman. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan faktor-faktor kesulitan belajar siswa pada pembelajaran tematik. Kendala siswa dalam pembelajaran tematik siswa sulit dalam memahami menjawab soal, sulit dalam menghapal not tangga nada, sulit membuat gambar poster dan lain sebagainya. Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar. Faktor sarana prasarana, faktor dari siswa, faktor perlengkapan belajar, faktor kedisiplinan dan faktor motivasi serta konsentrasi belajar. Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan siswa dalam pembelajaran tema atau tematik. Guru melakukan serta memberikan motivasi, arahan, menyiapkan media lebih banyak untuk menunjang proses pembelaharan serta memberikan penjelasan secara mendalam mengenai materi yang siswa sulit dalam memahaminya, siswa membuat karya kerajinan untuk memudahkan dalam proses pembelajaran karena media dan sumber belajar yang dibutuhkan dalam pembelajaran banyak untuk menunjang proses pembelajaran. Kata Kunci: Kesulitan belajar siswa, Faktor-Faktor, Pembelajaran Tematik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 17 Feb 2022 07:08
Last Modified: 17 Feb 2022 07:08
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/611

Actions (login required)

View Item View Item