Penerapan metode problem solving untuk menikatkan kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar (penelitian tindakan kelas pada materi operasi hitung bilangan cacah siswa kelas iv sdn 024 limau manis)

Wardana, Shania (2021) Penerapan metode problem solving untuk menikatkan kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar (penelitian tindakan kelas pada materi operasi hitung bilangan cacah siswa kelas iv sdn 024 limau manis). Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
Shania Wardana-1786206115.pdf

Download (97MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV SDN 024 Limau Manis tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 10 orang siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus, masing-masing siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Pengambilan data dilakukan dengan tes kemampuan pemecahan masalah. Lembar observasi guru, dan siswa sebagai tingkat keterlaksanaan dan pencapaian dalam menggunakan metode pembelajaran Problem Solving. Hasil kemampuan pemecahan masalah dapat dilihat dari hasil tes prasiklus, siklus I dan siklus II. Pada tes prasiklus nilai rata-rata 54,1 dengan presentase ketuntasan belajar 20%, pada siklus 1 pertemuan I mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata siswa 59,2 dengan presentase ketuntasan belajar yang sama dengan prasiklus dan pada siklus 1 pertemuan II mengalami peningkatan juga dengan nilai rata-rata 66,6 dengan presentase ketuntasan belajar 40%. Pada siklus 2 pertemuan I mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 75,6 dengan presentase ketuntasan belajar 80%, dan pada siklus 2 pertemuan II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 86,8 dengan presentase ketuntasan belajar 90%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Problem Solving dapat meningatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi operasi hitung bilangan cacah di kelas IV SDN 024 Limau Manis. Kata kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Metode Pembelajaran Problem Solving, Matematika

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 17 Feb 2022 04:51
Last Modified: 17 Feb 2022 04:51
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/608

Actions (login required)

View Item View Item