Analisis materi higher order thinking skill (hots) dalam buku siswa kelas 5 tema lingkungan sahabat kita kurikulum 2013 (penelitian kualitati pada buku siswa kelas 5 tema 8 lingkungan sahabat kita kurikulum 2013)

Hidayat, Nada Adilah (2021) Analisis materi higher order thinking skill (hots) dalam buku siswa kelas 5 tema lingkungan sahabat kita kurikulum 2013 (penelitian kualitati pada buku siswa kelas 5 tema 8 lingkungan sahabat kita kurikulum 2013). Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
NADA ADILAH-1786206078.pdf

Download (23MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan buku siswa menjadi pokok dalam proses pembelajaran. Hal ini mendorong untuk adanya penelitian lebih lanjut mengenai buku siswa yang tersedia untuk mengungkapkan adanya penerapan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada buku siswa. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memberi pengetahuan dan informasi untuk dunia pendidikan bahwa pembelajaran tidak hanya berfokus pada peserta didik untuk mengingat dan mengetahui ilmu dan pengetahuan tetapi juga harus mampu mengembangkan pemikiran tingkat tingginya untuk memecahkan suatu permasalahan, untuk berpikir kritis dan berkreasi. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis materi. Data kuantitatif disajikan dalam bentuk angka dan data kualitatif disajikan dalam bentuk deskripsi. Data yang dianalisis pada penelitian ini adalah buku tematik kurikulum 2013 untuk siswa kelas V tema 8 “Lingkungan Sahabat Kita”. Temuan pada penelitian ini adalah kurangnya penggunaan model atau metode penelitian pada penyampaian pebelajaran dikarenakan guru berpatokan pada model saintifik yang ada pada buku siswa. Guru juga kurang mengetahui tingkat Higher Order Thinking Skill pada buku siswa. Selan temuan pada guru penelitian ini juga memberikan informasi terkait Higher Order Thinking Skill pada buku siswa. Higher Order Thinking Skill pada buku siswa kelas V tema 8 (Lingkungan Sahabat Kita) sebesar 76,1%, terdiri dari 30,2% kegiatan menganalisis, 25,6% kegiatan mengevaluasi, dan 19,2% kegiatan mencipta/mengkreasi. Kata Kunci : Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, Buku Siswa Tema 8

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 16 Feb 2022 07:58
Last Modified: 16 Feb 2022 07:58
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/592

Actions (login required)

View Item View Item