Peningkatan aktivitas belajar oral activities dan writing activities siswa dengan menggunakan model cooperative script di sekolah dasar (penelitian tindakan kelas siswa kelas 5 sdn 024 limau) manis kec. Kampar)

Ningsi, Fitri (2021) Peningkatan aktivitas belajar oral activities dan writing activities siswa dengan menggunakan model cooperative script di sekolah dasar (penelitian tindakan kelas siswa kelas 5 sdn 024 limau) manis kec. Kampar). Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
Fitri Ningsih-1786206041.pdf

Download (18MB)

Abstract

Pelitian ini dilatar belakangi oleh aktivitas belajar oral activities dan writing activities siswa. Permasalahn yang ditemukan mengenai oral activities adalah hanya beberapa siswa yang mau bertanya kepada guru sedangkan siswa yang lainnya tidak dapat memberikan saran, ada sebagian siswa yang tidak malu bertanya kepada guru sedangkan siswa lainnya masih malu untuk bertanya kepada guru dan tidak dapat menyatakan ulang materi yang diberikan guru, hanya beberapa siswa yang mampu mengeluarkan pendapatnya sedangkan siswa yang lainnya masih merasa canggung untuk mengeluarkan pendapatnya sendiri. Sedangkan permasalahan dalam writing activities ada beberapa siswa yang mau menuliskan apa yang diminta oleh guru sedangkan sebagian siswa yang lain masih mengeluh dan tidak mampu menuliskan apa yang diminta guru, sedit siswa yang paham untuk membuat sebuah karangan yang diberikan oleh guru sedangkan siswa yang lainnya kurang paham untuk membuat sebuah karangan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 024 Limau Manis yang berjumlah 14 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan rubrik, observasi, dan dokumentasi. Rubrik, observasi, dan dokumentasi digunakan untuk mengetahui aktivitas belajar oral dan writing activities siswa dan guru dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script. Teknik analisis data yang digunakan adalah data yang sifat kuantitatif dan kualitatif.Adapun indikator keberhasilan tindakan ditandai dengan minimal 75% dari jumlah siswa aktif melaksanakan pembelajaran pada setiap sub indikator. Aktivitas tersebut meliputi Oral Activities dan Writing Activities.Hasil penelitian meninjukkan aktivitas belajar siswa pada pratindakan yaitu sebesar 43.52% dengan kategori kurang, aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan setelah dilakukan siklus I yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script sebesar 60.61% dengan kategori cukup. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan kembali pada siklus II sebesar 81.91% dengan kategori aktif, secara keseluruhan penerapan model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkat dalam pembelajaran Tematik terhadap siswa kelas V SDN 024 Limau Manis. Kata Kunci: Tematik, Cooperative Script, Aktivitas Belajar Oral dan Writing Activities

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 15 Feb 2022 08:36
Last Modified: 16 Feb 2022 03:31
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/579

Actions (login required)

View Item View Item