Pengembangan Soal Etnomatematika Untuk Materi Matematika Semester 1 Kelas VII SMP

Anggraini, Nova (2020) Pengembangan Soal Etnomatematika Untuk Materi Matematika Semester 1 Kelas VII SMP. Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
1684202005- COVER - DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1684202005- BAB I - BAB III.pdf

Download (12MB)
[img] Text
1684202005- BAB IV - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal sebagai alat evaluasi yang dapatrnmemfasilitasi kemampuan pemahaman konsep peserta didik. Permasalahan yangrnterdapat dalam penelitian ini adalah belum adanya soal yang secara khusus dibuatrnsebagai alat evaluasi untuk mengembangkan pengetahuan peserta didik terkaitrnbudaya melayu Kampar di sekolah menengah pertama. Penelitian ini merupakanrnpenelitian pengembangan yang menggunakan model Plomp. Model ini terdiri darirnpreliminary research dan prototyping phase. Pada fase preliminary researchrndilakukan analisis kebutuhan, analisis peserta didik, analisis kurikulum, analisisrnkonsep dan studi literatur. Sedangkan fase prototyping meliputi validasi, evaluasirndan revisi produk yang dikembangkan. Instrumen yang digunakan yaitu lembarrnwawancara, lembar angket dan lembar tes. Analisis data yang digunakan yaiturnanalisis data deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil validitas yangrndiberikan oleh validator, hasil angket respon peserta didik dan guru dengan cararnmenghitung setiap persentase nilai yang diberikan. Hasil analisis data terhadaprnvaliditas aspek isi dan konstruk diperoleh rerata 3 dengan kategori valid. Hasilrnanalisis data validitas pada aspek bahasa diperoleh rerata 3 dengan kategori valid.rnSedangkan analisis data validitas pada aspek budaya diperoleh rerata 3,3 denganrnkategori sangat valid. Adapun hasil analisis data angket kepraktisan peserta didikrndiperoleh hasil persentase berada diantara 70,33% - 95,34%. Hal ini berartirnpeserta didik dapat kemudahan dalam menggunakan soal yang dikembangkan.rnBerdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa soal matematikarnberbasis etnomatematika dinyatakan valid dan praktis pada materi bilangan.rnSelain itu, terdapat efek positif dalam menyajikan soal matematika yangrndilandaskan atau didasarkan atas pendekatan yang telah terbukti untukrnmemfasilitasi kemampuan pemahaman konsep yang berkaitan dengan kebudayaanrnyaitu etnomatematika. Hal ini ditandai dari respon positif peserta didik yang lebihrntermotivasi dalam mengerjakan soal yang diberikan.rnKata kunci: Model Plomp, Bilangan, Etnomatematika.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 18 Oct 2021 02:57
Last Modified: 18 Oct 2021 02:57
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/424

Actions (login required)

View Item View Item