Peningkatan Keterampilan Proses Ipa Siswa Dengan Menggunakan Model Inquiri Terbimbing Di Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas pada Materi Organ Gerak Hewan Dan Manusia Pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah AlIkhlas, Batam)

Sitorus, Hotmayati (2020) Peningkatan Keterampilan Proses Ipa Siswa Dengan Menggunakan Model Inquiri Terbimbing Di Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas pada Materi Organ Gerak Hewan Dan Manusia Pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah AlIkhlas, Batam). Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
1686206108-BAB I-3 Hotma.pdf

Download (6MB)
[img] Text
1686206108-BAB IV-V-Daftar pustaka Hotma (1).pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilanrnproses pada mata pelajaran IPA siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah AL-Ikhlas,rnBatam. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan prosesrnmelalui inquiri terbimbing pada mata pelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalahrnPenelitian Tindakan Kelas (PTK). Model penelitian yang digunakan yaiturnmodel Spiral kemmis dan Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VrnMadrasah Ibtidaiyah AL-Ikhlas, Batam. Data yang dikumpulkan adalah datarnproses pembelajaran menggunakan inquiri terbimbing pada mata pelajaran IPA.rnTeknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi. Instrumen yangrndigunakan adalah lembar observasi. Data yang diperoleh dari hasil observasirndianalisi secara deskkriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Deskriptifrnkuantitatif adalah cara membandingkan skor pengamatan dari hasil setiaprnsiklus. Sedangkan deskriptif kualitatif adalah dengan menjelaskan prosesrnpembelajaran menggunakan inquiri terbimbing yang dilakukan pada setiaprnsiklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan inquiri terbimbingrndapat meningkatkan keterampilan proses IPA siswa kelas V pada matarnpelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah AL-Ikhlas, Batam. Adapun langkahlangkah yang dilakukan berdasarkan model inquiri terbimbing dalam prosesrnpembelajaran yaitu mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan materi ,rnmerumuskan masalah yang ditemukan, merumuskan hipotesis, melakukanrneksperimen sederhana,menganalisis data, dan menarik kesimpulan.rnPeningkatan ditunjukkan dengan pencapaian keterampilan proses siswa padarnmata pelajaran IPA saat pratindakan termasuk kategori kurang yaitu hanyarnmencapai 43,12 dan hanya ada 3 siswa (15%) yaang mendapat nilai diatasrnKKM. Setelah diberikan tindakan pada siklus I yaitu dengan menerapkanrnmetode inquiri terbimbing dalam pembelajaran IPA, keterampila siswarnmeningkat dengan rata-rata 65% dan ada 13 siswa (65%) yang mendapat nilairnKKM. Pada siklus II pencapaian keterampilan proses meningkat mencapai ratarata 86,25% dan siswa yang mendapat nilai diatas KKM terdiri dari 17 siswarn(90%) setelah dilakukan perbaikan pada tahap merumuskan hopotesis,rnmelakukan eksperimen sederhana, dan menganalisi data dalam melaksanakanrninquiri terbimbing.rnKata Kunci : Keterampilan Proses, Inquiri Terbimbing, Mata Pelajaran IPA

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 14 Oct 2021 08:11
Last Modified: 10 Jul 2024 12:01
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/398

Actions (login required)

View Item View Item