Amriani, Nova (2020) Pengembangan Media pembelajaran Pop Up Book Pada Materi Bangun Ruang Kelas V SD (Penelitian PengembanganMedia Pop-Up Book Pada Materi bangn Ruang di Kelas V SD Negeri 013 Kumantan). Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.
Text
1686206025- BAB I - BAB III (1).pdf Download (6MB) |
|
Text
1686206025- BAB IV - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Media Pop Up Book untukrnmateri Bangun Ruang kelas V SD yang valid dan praktis. Penelitian inirndilatarbelakangi oleh kurangnya semangat peserta didik dalam pembelajaranrnmatematika khususnya pada materi Bangun Ruang. Saat pembelajaran guru hanyarnmenggunakan buku cetak dan LKS, sehingga peserta didik merasa bosan danrntidak tertarik untuk belajar. Untuk itu, perlu adanya pengembangan media pop uprnbook agar peserta didik semangat dan lebih tertarik lagi untuk belajar. Metodernpenelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Modelrnpengembangan penelitian ini menggunakan model Plomp dengan tiga fase, yaiturnpreliminary research dan prototyping phase dan assessment phase. Tapi karenarnadanya kendala waktu dan keadaan maka hanya dilaksanakan dengan dua fase,rnyakninya preliminary research dan prototyping phase. Subjek penelitian inirnadalah siswa kelas V SD dengan objek penelitian pengembangan media pop-uprnbook. Media pop-up book ini telah divalidasi dan dipraktisi oleh para ahli. Yangrnterdiri dari lima orang validator dan dua orang praktisi. Jenis data pada penelitianrnyang akan dilakukan terdiri data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian inirnmembuktikan bahwa tingkat validitas produk pengembangan media pop-up bookrnpada materi dan bahasa adalah sangat valid dengan rata-rata nilai 4,67 untukrnmateri dan 4,28 untuk bahasa oleh para ahli. Media dikatakan valid jika nilai ratarata minimal yang diperoleh lebih dari 2,40. Sedangkan tingkat praktikalitasrnproduk pengembangan media pop-up book adalah sangat praktis dengan rata-ratarnpenilaian dari siswa 96,2% dan rata-rata penilaian dari guru 96,6 %. Mediarndikatakan praktis jika target pencapaian nilai praktikalitasnya berada padarnpersentase 75% sampai 100 %. Sehingga media tersebut dapat digunakan danrndimiliki oleh guru dan peserta didik. Dengan demikian media pop-up book padarnmateri Bangun Ruang kelas V SD dikategorikan valid dan praktis.rnKata Kunci: Media Pop-up Book, Bangun Ruang
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Lisa Dwi Anggraini |
Date Deposited: | 14 Oct 2021 07:39 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 10:32 |
URI: | http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/393 |
Actions (login required)
View Item |