Sari, Nanda Fatma (2020) Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Project Based Learning Di Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas dalam Tema Tugasku Sehari – hari Siswa KelasrnII SDN 006 Bengkong Luat Kec Bengkong Kota Batam Tahun 2019/2020 ). Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.
Text
1686206126- Bab 1 - 3 NANDA.pdf Download (7MB) |
|
Text
1686206126- Bab 4-5 NANDA.pdf Download (31MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa padarnmata pelajaran SBdP di kelas II Sekolah Dasar Negeri 006 Bengkong LautrnKec Bengkong Kota Batam. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah inirnadalah dengan penerapan strategi Project Based Learning. Tujuan penelitianrnini untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar pada pelajaran SBdPrnsiswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 006 Bengkong Laut Kec Bengkong,rnKota Batam dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Project BasedrnLearning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas ( PTK ) yangrndilaksanakan dalam dua siklus dan dalam tiap siklus terdiri dalam duarnpertemuan. Penelitian ini terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan,rnpelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IIrnSekolah Dasar Negeri 006 Bengkong Laut Kec Bengkong Kota Batamrndengan jumlah 35 orang yang terdiri 22 orang laki- laki dan 13 orangrnperempuan. Sedangkan objek penelitian adalah upaya peningkatan motivasirnbelajar siswa pada mata pelajaran SBdP di Sekolah Dasar Negeri 006rnBengkong Laut Kec Bengkong Kota Batam. Adapun teknik pengumpulanrndata dalam penelitian ini adalah observasi, teknik angket, dan dokumentasi.rnBerdasarkan hasil analisis data pada bab IV diatas, dapat disimpulkanrnbahwa penerapan strategi pembelajaran Project Based Learning dapatrnmeningkatan motivasi belajar SBdP siswa kelas II Sekolah Dasar Negerirn006 Bengkong Laut Kec Bengkong Kota Batam. Hal ini dibuktikan denganrnmeningkatnya motivasi belajar siswa dari 11 indikator motivasi sebelumrndilakukan tindakan motivassi belajar siswa diperoleh rata – rata 69,31%rnberada pada interval 66%- 70% dengan kategori Cukup Termotivasi terjadirnpeningkatan yaitu pada siklus I yaitu 76,16% berada pada interval 71%- 84%rndengan kategori Termotivasi sedangkan pada siklus II juga terjadirnpeningkatan dengan yaitu 78,22% berada pada interval 71%- 84% denganrnkategori Termotivasi.rnKata kunci : Strategi pembelajaran Project Based Learning, motivasi belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Lisa Dwi Anggraini |
Date Deposited: | 14 Oct 2021 03:23 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 11:36 |
URI: | http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/363 |
Actions (login required)
View Item |