Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Diskursus Multy Representation Di Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Cacah Siswa Kelas IV SDN 002 Kuok Kecamatan Kuok)

Firdayani, Firdayani (2020) Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Diskursus Multy Representation Di Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Cacah Siswa Kelas IV SDN 002 Kuok Kecamatan Kuok). Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
1686206015- BAB I - BAB III.pdf

Download (4MB)
[img] Text
1686206015- BAB IV - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasirnmatematis siswa kelas IV SDN 002 Kuok, kemampuan komunikasirnmatematis siswa terhadap materi operasi hitung bilangan cacah denganrnmenerapkan model Diskursus Multy Representation. Penelitian ini dilatarrnbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis pada siswarnkelas IV yang mana berjumlah 11 orang yang terdiri dari 6 siswa laki-laki danrn5 siswa perempuan. Penerapan penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklusrnyang mana masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. TeknikrnPengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik beruparnwawancara, tes, observasi dan dokumentasi. Pengumpulan data dalamrnpenelitian ini menggunakan instrument berupa pedoman wawancara, lembarrntes, lembar observasi serta lembar dokumentasi. Berdasarkan analisis datarndapat diketahui terdapatnya peningkatan dalam kemampuan komunikasirnmatematis siswa pada materi operasi bilangan cacah. Sebelum tindakan,rnketuntasan hasil kemampuan komunikasi matematis siswa hanya mencapairn18,18 % dalam kategori kurang baik. Dalam melaksanakan siklus 1rnPertemuan 1 ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 27,27 % dalam kategorirnkurang baik. Siklus 1 Pertemuan 2 ketuntasan hasil belajar siswa mencapairn45,45 % kategori kurang baik. Pada siklus 2 Pertemuan 1 ketuntasan hasilrnbelajar siswa mencapai 63,63 % kategori kurang baik. Sedangkan dalamrnmelaksanakan siklus 2 Pertemuan 2 ketuntasan hasil belajar siswa mencapairn90,90 % kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwarndengan penerapan model Diskursus Multy Representation dapatrnmeningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa sekolah dasar.rnKata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, model Diskursus MultyrnRepresentation, materi hitung bilangan cacah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 14 Oct 2021 03:04
Last Modified: 10 Jul 2024 11:08
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/361

Actions (login required)

View Item View Item