Penggunaan Media Papan Pecahan Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas dalam Tema Menyayangi Tumbuhan dan Hewan pada kelas III B SD Negeri 006 Bengkong Tahun Pelajaran 2018/2019

Taufikurrahman, Taufikurrahman (2020) Penggunaan Media Papan Pecahan Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas dalam Tema Menyayangi Tumbuhan dan Hewan pada kelas III B SD Negeri 006 Bengkong Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
1686206142- Cover dan Daftar Lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1686206142- BAB 1-3.pdf

Download (5MB)
[img] Text
1686206142- BAB IV DAN V Serta Daftar Pustaka.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konseprnMatematika siswa pada tema Menyayangi Tumbuhan dan Hewan dirnkelas III-B SD N 006 Bengkong Batam. Salah satu solusi untukrnmengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan Alat Peraga PapanrnPecahan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan PenggunaanrnMedia Alat Peraga Papan Pecahan untuk meningkatkan pemahamanrnkonsep Matematika pada tema Menyayangi Tumbuhan dan Hewan dirnkelas III-B SD N 006 Bengkong Batam. Metode Penelitian ini adalahrnPenelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus.rnSetiap siklus terdiri dari satu pertemuan dan empat tahapan, yaiturnperencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi, dan waktu penelitianrndilaksanakan pada bulan Oktober 2019. Subjek penelitian ini siswa kelasrnIII-B yang berjumlah 28 orang, dengan jumlah siswa laki-laki 15 orang,rndan siswa perempuan berjumlah 13 orang. Teknik pengumpulan datarnberupa dokumentasi, observasi, dan penilaian kinerja. Hasil penelitian inirnmenunjukkan bahwa hasil pemahaman siswa pada penggunaan mediarnalat peraga papan pecahan pada tema menyayangi hewan dan tumbuhanrndi kelas III-B SD N 006 Bengkong Batam pada siklus I tergolong baikrndengan rata-rata 70,71. Selanjutnya dari 28 orang siswa hanya 18 orangrnyang tuntas dengan ketuntasan klasikal 64,00%. Pada siklus II tergolongrnbaik dengan rata-rata 78,21 dari 22 orang siswa terdapat 28 orang siswarnyang tuntas dengan ketuntasan klasikal 89,00%. Dengan demikian dapatrndisimpulkan bahwa dengan menggunakan mengetahui penerapanrnPenggunaan Media Alat Peraga Papan Pecahan untuk meningkatkanrnpemahaman konsep Matematika pada tema Menyayangi Tumbuhan danrnHewan SD N 006 Bengkong Batam.rnKata Kunci : Pemahaman Konsep, Media Alat Peraga Papan Pecahan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 14 Oct 2021 01:36
Last Modified: 14 Oct 2021 01:37
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/353

Actions (login required)

View Item View Item