Peningkatan Pemahaman Konsep pada Pelajaran Matematika Melalui Metode Demonstrasi Siswa Sekolah Dasar

Noerain, Dara Eka (2020) Peningkatan Pemahaman Konsep pada Pelajaran Matematika Melalui Metode Demonstrasi Siswa Sekolah Dasar. Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
1686206096-Bab 1-3 -Dara Eka Noerain.pdf

Download (6MB)
[img] Text
1686206096-Bab IV, V dan Daftar Pustaka - Dara Eka Noerain.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman konsep siswarnpada pembelajaran matematika tentang bangun ruang menggunakan alatrnperaga di kelas II SD Negeri 012 Bengkong Batam. Salah satu solusi untukrnmengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan metode demonstrasi.rnPenelitian ini bertujuan untuk melakukan perbaikan terhadap proses belajarrnmengajar sehhingga tercapai ketuntasan belajar baik secara individualrnmaupun klasikal dengan menggunakan metode demonstrasi. Penelitian inirnmerupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam duarnsiklus. Setiap siklus tedapat dua pertemuan dan empat tahap, yaiturnperencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi, dan waktu penelitianrndilaksanakan pada bulan November sampai dengan bulan Desember selamarndua minggu 2019. Subjek penelitian ini siswa kelas II yang berjumlah 39rnorang, dengan jumlah laki-laki 23 orang, dan siswa perempuan berjumah 16rnorang. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi, dan tesrntertulis. Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwarnpemahaman konsep siswa mengalami peningkatan pada setiap siklus,rndimana hasil persentase pada siklus I pertemuan I mencapai (35,90%),rnpertemuan II meningkat menjadi (51,28%) sedangkan pada siklus II pertemuan Irn(61,54%), dan pertemuan II meningkat menjadi (76,92%). Dengan demikian dapatrndisimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaranrnmatematika di kelas II SD Negeri 012 Bengkong Batam dapat meningkatkanrnpemahaman siswa berupa aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa.rnKata Kunci : Pemahaman Konsep, Metode Demonstrasi, PembelajaranrnMatematika

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 13 Oct 2021 04:38
Last Modified: 10 Jul 2024 11:16
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/334

Actions (login required)

View Item View Item