Fitriani, Eka (2020) Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Model Pembelajaran Circuit Learning Di Sekolah Dasar. Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.
Text
1686206076-BAB 1 - 3.pdf Download (5MB) |
|
Text
1686206076-BAB 4 - 5 dan DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya keterampilan siswarndalam menulis karangan narasi. Salah satu solusi untuk mengatasirnmasalah ini adalah dengan melalui model pembelajaran circuitrnlearning. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatanrnmenulis karangan narasi dengan melalui model pembelajaran circuitrnlearning pada siswa kelas V SD Negeri 002 Kabun. Penelitian inirnadalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalamrndua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahap,rnyaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjekrnpenelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 002 Kabun yangrnberjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tesrndan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, keterampilanrnmenulis karangan narasi siswa pratindakan sebesar 63,5, pada siklusrnI meningkat menjadi 74,44 dan pada siklus II nilai rata-rata siswarnmenjadi 83,4. Peningkatan persentase siswa yang mencapai KKMrndalam menulis karangan narasi pada kondisi pratindakan sebesarrn33%, siklus I 56%, dan pada siklus II meningkat menjadi 78%.rnDengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan melalui modelrnpembelajaran circuit learning dapat meningkat keterampilan menulisrnkarangan narasi siswa kelas V SD Negeri 002 Kabun.rnKata kunci: Keterampilan Menulis Karangan Narasi, dan Model CircuitrnLearning
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Lisa Dwi Anggraini |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 03:24 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 11:09 |
URI: | http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/324 |
Actions (login required)
View Item |