Kajian Literatur Tentang Kemampuan Berpikir Kritis dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pembelajaran IPA Siswa Sekolah Dasar

Firmansyah, Ade (2021) Kajian Literatur Tentang Kemampuan Berpikir Kritis dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pembelajaran IPA Siswa Sekolah Dasar. Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
ADE FIRMANSYAH-1786206002.pdf

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literatur tentang kemampuan berpikir kritis dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) peserta didik disekolah dasar. Kemampuan berpikir kritis peserta didik tidak akan terjadi secara alami dimiliki peserta didik akan tetapi diperlukan proses pembiasaan melalui kegiatan dalam kehidupan sehari-hari terlebih pada saat proses pembelajaran di kelas. Keterampilan berpikir kritis sangat dibutuhkan oleh peserta didik dalam kehidupan nyata, namun seringkali keterampilan ini terabaikan dalam proses pembelajaran. Keterampilan berpikir kritis dapat dikembangkan melalui proses pembelajaran salah satunya dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Metode penelitian ini adalah metode penelitian kajian literatur yang mengkaji Kemampuan Berpikir Kritis dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian ini adalah 15 artikel yang diterbitkan dijurnal nasional dan terakreditasi jurnal sinta dalam waktu 5 tahun terakhir. Artikel kemampuan kritis terdiri dari 6 artikel, model Problem Based Learning terdiri dari 9 artikel. Dari hasil kajian literatur diperoleh 40% merupakan kemampuan berpikir kritis. Kemudian 60% merupakan Model Problem Based Learning (PBL). Dari ke -15 artikel yang telah diteliti, terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis dengan menggunakan model Problem Based Learning. Kebaruan penelitian yang didapat secara kajian literatur tentang kemampuan berpikir kritis dan model Problem Based Learning (PBL) sesuai dengan teori-teori yang disampaikan ahli-ahli sebelumnya. Dampak dan impak hasil penelitian menggunakan kajian literatur ini adalah bagi peneliti lainnya apabila ingin meneliti tentang kemampuan berpikir kritis dan model Problem Based Learning (PBL) bisa memperhatikan saran-saran yang telah diberikan peneliti. Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Model Problem Based Learning, Siswa, Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 12 Aug 2024 08:24
Last Modified: 12 Aug 2024 08:24
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/2163

Actions (login required)

View Item View Item