Peningkatan Keterampilan Berbicara Dengan Menerapkan Metode Story Telling pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema 5 Ekosistem Siswa Kelas V Madrasah Ibtidayah Al-Fallah Teratak)

Fitri, Melisa (2021) Peningkatan Keterampilan Berbicara Dengan Menerapkan Metode Story Telling pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema 5 Ekosistem Siswa Kelas V Madrasah Ibtidayah Al-Fallah Teratak). Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
MELISA FITRI 1786206075.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Peningkatan Aktivitas Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif STAD Pada Siswa Kelas III SD Negeri 019 Muara Uwai. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan aktivita belajar siswa pada Pembelajaran Tematik kelas III di SD Negeri 019 Muara Uwai dengan Penerapan model STAD (Student Teams Achievment Division). Penelitianini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research).Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III di SD Negeri 019 Muara Uwai, sedangkan objek penelitian adalah Penerapan Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievment Division). Untuk Meningkatkan aktivitas Belajar Siswa Pada pembelajaran Tematik. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievment Division) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat di diukur dari evaluasi siklus I, dan siklus II. dengan nilai aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 60% dan siklus II 88%. Sedangkan peningkatan hasil keaktivan siswa dapat diukur dari setiap siklusnya. Keaktifan siswa pada siklus I sebesar 60% dengan kategori ‟cukup aktif” dan keaktifan siswa pada siklus II sebesar 88% dengan kategori ‟sangat aktif”. Dengan demikian hasil penelitian di SD Negeri 019 Muara Uwai telah tercapai dengan baik..

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 08 Aug 2024 13:49
Last Modified: 08 Aug 2024 13:49
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/2141

Actions (login required)

View Item View Item