Penggunaan Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD Negeri 016 Bangkinang Kota)

Fatimah, Nur Siti (2021) Penggunaan Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD Negeri 016 Bangkinang Kota). Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
Nur Siti Fatimah 1786206088.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep siswa di kelas V SDN 016 Bangkinang Kota . Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran pendekatan matematika realistik . Tujuan penelitian ini untuk memaparkan peningkatan kemampuan Pemahaman konsep siswa dengan menggunakan model matematika realistik pada siswa kelas V SDN 016 Bangkinang Kota . Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( PTK ) yang dilaksanakan dalam dua siklus , setiap siklus terdapat dua pertemuan dan empat tahap , yaitu perencanaan , pelaksanaan , observasi , dan refleksi . Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus selama dua Hari 2021. Subjek penelitian ini siswa kelas V yang berjumlah 27 siswa , teknik pengumpulan data berupa tes , observasi , dan dokumentasi . Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan Pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan pada setiap siklus dimana hasil persentase Pada siklus 1 pertemuan I mencapai ( 29,63 % ) , pertemuan 2 meningkat menjadi ( 33,33 % ) , sedangkan Pada siklus 2 pertemuan 1 ( 81,48 % ) dan pertemuan 2 meningkat mencapai ( 92,59 % ) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan Pemahaman konsep siswa materi bangun ruang yang terkait pada pembelajaran matematika kelas V SDN 016 Bangkinang kota . Kata Kunci : Kemampuan Pemahaman Konsep , Model Pendekatan Matematika Realistik ( PMR )

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 08 Aug 2024 13:24
Last Modified: 08 Aug 2024 13:24
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/2135

Actions (login required)

View Item View Item