Penerapan Model Pembelajaran Questioning untuk Meningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas pada Tema Makanan Sehat Materi Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan Siswa Kelas V SDN 005 Empat Balai)

Rianto, Bagas (2022) Penerapan Model Pembelajaran Questioning untuk Meningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas pada Tema Makanan Sehat Materi Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan Siswa Kelas V SDN 005 Empat Balai). Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
1. BAGAS RIANTO (1886206005).pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil keterampilan membaca pemahaman siswa pada teks bacaan di kelas V SDN 005 Empat Balai Kecamatan Kuok. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran questioning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa pada materi teks bacaan dengan menerapkan model pembelajaran questioning pada siswa kelas V SDN 005 Empat Balai. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dua pertemuan dan empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini siswa kelas V yang berjumlah 29 orang, jumlah siswa laki-laki 16 orang, dan siswa perempuan 13 orang. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi, dan tes. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui terdapat peningkatan hasil keterampilan membaca pemahaman siswa pada materi teks bacaan sebelum tindakan, rata-rata ketuntasan hasil keterampilan membaca pemahaman hanya 64.48, lalu pada siklus I pertemuan I meningkat menjadi 72.41, siklus I pertemuan II meningkat menjadi 75.87. Selanjutnya siklus II pertemuan I meningkat menjadi 77.93 dan siklus II pertemuan II meningkat menjadi 82.76. Maka dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran questioning dapat meningakatkan keterampilan membaca pemahaman siswa pada materi teks bacaan kelas V SDN 005 Empat Balai. Kata Kunci : Keterampilan Membaca Pemahaman, Model Questioning

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 31 Jul 2024 05:28
Last Modified: 31 Jul 2024 05:28
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/2111

Actions (login required)

View Item View Item