Rissa, Mutia and Daulay, Musnar Indra and Masrul, Masrul (2022) Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model Sains Teknologi Masyarakat (STM) di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6 (1). pp. 8603-8613. ISSN 2614-6754 (p), 2614-3097(e)
Text
Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model Sains Teknologi Masyarakat (STM)di Sekolah Dasar.pdf Download (264kB) |
|
Text
Turnitin.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA. Hal ini didasarkan pada jumlah siswa yang hasil belajarnya dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu 75, dari 16 orang siswa 9 orang siswa yang mendapat nilai baik atau diatas KKM, dan 7 orang siswa yang mendapat nilai dibawah KKM. Penelitian ini merupakan tindakan kelas, penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar pada materi Sistem Pernapasan Manusia dan Hewan pada Siswa Kelas V SD Negeri 005 Langgini TP 2021/2022. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli s.d Agustus 2021, subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 005 Langgini dengan jumlah siswa 16 orang terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 4 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, teknik dokumentasi dan teknik tes. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ketuntasan sebelum tindakan hanya mencapai 56,25%, siklus I meningkat menjadi 68,75% dan siklus II meningkat lagi menjadi 93,75%. Dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada materi Sistem Pernapasan Manusia dan Hewan pada siswa kelas V SD Negeri 005 Langgini Kab Kab Kampar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Mrs Derima Febrike |
Date Deposited: | 10 Feb 2024 03:13 |
Last Modified: | 10 Feb 2024 03:13 |
URI: | http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/1489 |
Actions (login required)
View Item |