Peran Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas VII SMPN 3 Pekanbaru

Zulhendri, Zulhendri and Putra, Kasman Edi (2022) Peran Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas VII SMPN 3 Pekanbaru. Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
12. Peran Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas VII SMPN 3 Pekanbaru.docx

Download (927kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang peran bimbingan dan konseling belajar dalam meningkatkan motivasi belajar matematika pada peserta didik kelas VII SMPN 3 Pekanbaru dan mendeskripsikan tentang peran guru BK dalam memotivasi peserta didik dalam belajar. Jenis pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, yaitu dengan informasi, fakta-fakta yang benar dan dapat dipertanggung jawabkan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru BK kelas VII. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik yang dikemukakan oleh Milles dan Hubermen yaitu reduksi data, display data, mengambil keputusan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa telah miliki ruang kerja bimbingan dan konseling, memiliki ruangkonseling individu yang memadai dan guru BK berperan sebagai motivator dan sebagai pembimbing dalam hal memotivasi belajar matematika dan mewujudkan tujuan bimbingan dan konseling secara optimal. Kata kunci : Peran Bimbingan dan Konseling, Motivasi Belajar

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mrs Derima Febrike
Date Deposited: 15 Aug 2023 07:58
Last Modified: 15 Aug 2023 07:58
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/1269

Actions (login required)

View Item View Item