Witarsa, Ramdhan and Rizki, Lussy Midani (2022) Analisis Pengembangan Kompetensi Profesional Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6 (1). pp. 4114-4121. ISSN 2614-6754 (p), 2614-3097(e)
Text
1. Artikel 4.pdf Download (243kB) |
|
Text
2. Hasil Peer Review Artikel 4.pdf Download (1MB) |
|
Text
3. Hasil Cek Plagiat Artikel 4 (17%).pdf Download (1MB) |
|
Text
4. Bukti Korespondensi Artikel 4.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi perlunya pengembangan kompetensi profesional guru di sekolah dasar agar kualitas guru yang bersangkutan bisa terus dipertahankan bahkan ditingkatkan. Penelitian bertujuan mendeskripsikan pengembangan kompetensi profesional guru di sekolah dasar. Metode penelitian merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Responden berjumlah 11 guru dengan komposisi 5 guru laki-laki dan 6 guru perempuan. Tahapan penelitian pralapangan, lapangan, dan analisis data. Hasil penelitian menunjukan kompetensi profesional guru di sekolah dasar berada pada kategori sedang. Perlu pengembangan kompetensi profesional guru sekolah dasar secara berkelanjutan agar kompetensi profesional guru yang bersangkutan bisa dipertahankan bahkan ditingkatkan. Pengembangan kompetensi profesional guru sekolah dasar bisa dikembangkan melalui pengoptimalan kelompok kerja guru yang diadakan secara periodik setiap minggunya dengan mendatangkan ahli dari perguruan tinggi. Kompetensi profesional guru yang harus terus dikembangkan salah satunya adalah keterampilan penguasaan teknologi dan informasi. Kata kunci: Guru, kompetensi guru, pengembangan, profesional, sekolah dasar.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru, kompetensi guru, pengembangan, profesional, sekolah dasar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Mrs Derima Febrike |
Date Deposited: | 12 Aug 2022 02:30 |
Last Modified: | 15 Aug 2022 04:17 |
URI: | http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/1097 |
Actions (login required)
View Item |