Maisarah, Rahma Dahlia (2020) Hubungan sarapan pagi dengan tingkat konsentrasi belajar mahasiswa prodi sarjana keperawatan tingkat akhir di Universistas Pahlawan Tuanku Tambusai. Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.
Text
1614201030-COVER-DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
|
Text
1614201030-BAB I - BAB III.pdf Download (4MB) |
|
Text
1614201030-BAB IV - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Sarapan pagi merupakan suatu kegiatan yang penting sebelum melakukan aktivitas fisik. Sarapan dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan juga dapat meningkatkan kesehatan pada otak salah satunya dapat meningkatkan konsentrasi. Konsentrasi sangat berpengaruh terhadap keberhasilan proses belajar dan mengajar khusunya pada remaja. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan sarapan pagi dengan tingkat konsentrasi belajar pada mahasiswa sarjana keperawatan tingkat akhir di universitas pahlawan tuanku tambusai tahun 2020. Desain penelitian deskriptif korelasi dengan pendekatan Cross Sectional. Sampel diambil dengan teknik Total Sampling yang berjumlah 60 responden. Analisis data menggunakan Uji Chi Square. Hasil penelitian dari 13 mahasiswa yang melakukan sarapan pagi terdapat 4 orang (30,8%) yang tidak konsentrasi. Sedangkan dari 47 mahasiswa yang tidak sarapan pagi terdapat 11 orang (23,4%) yang konsentrasi belajar, berdasarkan uji statistik diperoleh nilai p = 0,006 (p < 0,05), dengan derajat kemaknaan 95% (α = 0,05). Kesimpulan yaitu terdapat hubungan sarapan pagi dengan tingkat konsentrasi belajar. Saran yaitu lakukan sarapan sebelum melakukan aktivitas karena dengan sarapan dapat meningkatkan konsentrasi. Kata Kunci : konsentrasi belajar, sarapan pagi Daftar bacaan : 33 (2010-2018)
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Keperawatan (S1) |
Depositing User: | Lisa Dwi Anggraini |
Date Deposited: | 17 Sep 2021 02:23 |
Last Modified: | 04 Oct 2021 08:22 |
URI: | http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/96 |
Actions (login required)
View Item |