Application of Cooperative Learning Model Think-Talk-Write Type for Improving Intensive Reading Skills

Nurmalina, Nurmalina (2020) Application of Cooperative Learning Model Think-Talk-Write Type for Improving Intensive Reading Skills. Journal of English Language and Education, pp. 16-24.

[img] Text
Application of Cooperative.pdf

Download (359kB)
[img] Text
Application of Cooperative (1) (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
review aplication of cooperation.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://jele.or.id/index.php/jele/index

Abstract

ABSTRAK Rendahnya keterampilan membaca intensif dalam Bahasa Indonesia kelas empat MI Darussalam menjadi latar belakang penelitian tindakan kelas ini. Ketidakefektifan proses pembelajaran diduga oleh kurangnya inovasi dan kreativitas guru dalam memilih model pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan membaca intensif kelas empat MI Darussalam. Peneliti adalah sebagai subjek penelitian dan guru kelas empat MI Darussalam adalah sebagai pengamat.Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Setelah melakukan penelitian, dapat disimpulkan bahwa skor rata-rata keterampilan membaca intensif siswa sebelum penelitian adalah 55,85 dengan kategori kurang. Pada siklus pertama terjadi peningkatan menjadi 69,75 dengan kategori cukup. Perubahan besar terjadi pada siklus II dengan nilai rata-rata 88,75 dengan kategori baik. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca intensif kelas empat MI Darussalam dapat ditingkatkan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk�Writ

Item Type: Book
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Mrs Derima Febrike
Date Deposited: 13 Sep 2021 07:17
Last Modified: 23 Jun 2024 15:06
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/48

Actions (login required)

View Item View Item