Peningkatan Kerjasama Melalui Metode Outbound Pada Anak Kelompok A RA Muadz bin Jabal Desa Sawah Kampar Utara

Amelia, Jenny (2020) Peningkatan Kerjasama Melalui Metode Outbound Pada Anak Kelompok A RA Muadz bin Jabal Desa Sawah Kampar Utara. Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
1686207002-COVER SAMPAI DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)
[img] Text
1686207002-BAB I SAMPAI BAB III (1).pdf

Download (4MB)
[img] Text
1686207002- BAB IV DAMPAI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya kemampuanrnkerjasama anak dalam kegiatan pembelajaran, sehinigga suasana dalamrnpembelajaran d kelas sangat monoton. Selaini itu anak yang kurang beriniteraksrndengan teman sebayanya. Hal ini dapat d buktikan dalam kegiatan pra siklus yangrndilakukan menunjukkan bahwa masih banyak anak yang Mula Berkembang (MB)rndan Belum Berkembang (BB) yakni 65% (MB) dan 30% (BB).rnFokus dalam penelitian ini adalah Bagaimana pelakasanaan kegiatanrnoutbound dalam meninigkatkan kemampuan kerjasama d RA Muadz bin JabalrnDesa Sawah Kampar Utara? Bagaimana peninigkatan kemampuan kerjasamarnkelompok A RA Muadz bin Jabal Desa Sawah Kampar Utara? Pada penelitian inirnbertujuan untuk mengetahu pelaksanaan pada kegiatan outbound dalamrnmeninigkatkan kemampuan kerjasama dan peninigkatan kemampuan kerjasamarnkelompok A RA Muadz bin Jabal Desa Sawah Kampar Utara.rnMetode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian TinidakanrnKelas (PTK) dengan model Kurt Lewini. penelitian ini terdiri dari pra siklus, siklusrnI, siklus II. Pada siklus dan siklus I terdiri dari 4 tahap pengumpulan data danrnpada penelitian ini menggunakan teknik obesrvasi, wawancara, dan dokumentasi.rnHasil penelitian ini adalah sebaga berikut: 1) Pelaksanaan kegiatanrnoutbound pada tiap siklus sama antara siklus I dan siklus II. Penggunaanrnpermainan tradisisonal. 2) Peninigkatan kemampuan kerjasama dari hasil prarnsiklus menuju siklus II mencapai 100%. Dapat dilihat dari prasiklus terdiri 20rnanak dalam satu kelas, diketahui bahwa 1 anak mendapat skor BSB (5%), tidakrnada anak yang mendapat skor BSH (0%), dan 6 anak mendapat skor MB (30%),rndan 13 anak mendapat skor BB (65%) jumlah penilaian dari 20 anak adalahrn768,75 sedangkan nila rata- rata adalah 38,43 dan siklus I dari 20 anak dalam saturnkelas, diketahui bahwa 7 anak mendapat skor BSB (35%), 13 anak mendapat skorrnBSH (65%), dan tidak ada anak mendapat skor MB (0%), dan tidak ada anakrnmendapat skor BB (0%) jumlah penilaian dari 20 siswa adalah 1487,5 sedangkanrnnila rata-rata adalah 74,375, sedangkan pada siklus II : 20 anak yang mendapatrnskor BSB (100%), tidak ada anak mendapat skor BSH (0%), tidak ada anakrnmendapat skor MB (0%), tidak ada anak mendapat skor BB (0%).rnKata Kunci : Metode Outbound, kerjasama anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 16 Oct 2021 03:51
Last Modified: 16 Oct 2021 03:51
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/417

Actions (login required)

View Item View Item