Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Permainan Pohon Huruf Pada Anak Kelompok A Tk Kasih Ibu Kecamatan Kampar Utara (Penelitian Tindakan Kelas Pada Aspek Kemampuan Bahasa Dalam Mengenal Huruf Melalui Permainan Pohon Huruf Pada Anak Usia 4-5 Tahun di Tk Kasih Ibu Kecamatan Kampar Utara)

Lutfina, Mutia (2020) Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Permainan Pohon Huruf Pada Anak Kelompok A Tk Kasih Ibu Kecamatan Kampar Utara (Penelitian Tindakan Kelas Pada Aspek Kemampuan Bahasa Dalam Mengenal Huruf Melalui Permainan Pohon Huruf Pada Anak Usia 4-5 Tahun di Tk Kasih Ibu Kecamatan Kampar Utara). Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
1686207004- COVER SAMPAI DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1686201004- BAB I SAMPAI BAB III.pdf

Download (4MB)
[img] Text
1686201004- BAB IV-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf melaluirnpermainan pohon huruf pada anak kelompok A TK Kasih Ibu KecamatanrnKampar Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas.rnPenilitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya dilaksanakan dua kalirnpertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A usia 4 – 5 tahun TKrnKasih Ibu Kecamatan Kampar Utara yang berjumlah 15 anak, 7 anak laki – laki 8rnorang anak perempuan. Objek penelitian ini bertujuan untuk meningkatkanrnkemampuan mengenal huruf dari a – z. Teknik pengumpulan data melaluirnobservasi dan dokumentasi. Teknik pengumpulan atau yang dilakukan secararndeskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklusrnberlangsung selama dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwarnanak yang memiliki kemampuan mengenal huruf a – z meningkat setelah adanyarntindakan. Hasil observasi pada tahap pratindakan, anak yang berkembang sesuairnharapan 2 orang anak ( 13,3%). Kemampuan anak pada siklus I yang berkembangrnsesuai harapan masih sama dengan pratindakan, yaitu 2 orang anak (13,3%). Padarnsiklus II kemampuan anak yang berkembang sesuai harapan berjumlah 11 orangrnanak (73,3%) dan pada siklus II ini kemampuan anak yang berkembang sangatrnbaik memcapai 2 orang anak (13,3%). Berdasarkan hasil tersebut dapatrndisimpulakan bahwa melalui media permainan pohon huruf dapat meningkatrnkemampuan mengenal huruf di kelompok A usia 4 – 5 tahun TK Kasih IburnKecamatan Kampar Utara.rnKata Kunci: Mengenal Huruf, Pohon Huruf, TK Kasih Ibu

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 15 Oct 2021 01:38
Last Modified: 15 Oct 2021 04:14
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/407

Actions (login required)

View Item View Item