Kajian literatur tentang model pembelajaran predict observe explain terhadapa pemahaman konsep ipa siswa sekolah dadar

Ulfa, Noviani (2021) Kajian literatur tentang model pembelajaran predict observe explain terhadapa pemahaman konsep ipa siswa sekolah dadar. Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
Noviani Ulfah-1786206083.pdf

Download (70MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat kajian literatur tentang penerapan model pembelajaran predict observe explain terhadap pemahaman konsep IPA siswa di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kajian literatur dengan menganalisis artikel yang mengkaji model pembelajaran predict observe explain, pemahaman konsep, pada mata pelajaran IPA dan tingkat sekolah dasar. Hasil penelitian yang dianalisis adalah dari 30 artikel terdapat 4 artikel yang sesuai dengan fokus penelitian yaitu membahas tentang model pembelajaran predict observe explain, pemahaman konsep, pada mata pelajaran IPA dan tingkat sekolah dasar. Penelitian ini menganalisis perbandingan teori dari langkah-langkah model pembelajaran predict observe explain dan indikator dari pemahaman konsep pada setiap artikel-artikel yang dianalisis. Hasil analisis model pembelajaran predict observe explain pada penelitian ini langkah-langkahnya yaitu siswa memprediksi jawaban terhadap suatu permasalahan, siswa mengamati atau membuktikan prediksinya dengan cara mengeksplor pengetahuan dasar kognitifnya dan siswa memberikan penjelasan terhadap hasil pengamatan melalui diskusi dan komunikasi secara tertulis. Hasil analisis pemahaman konsep pada penelitian ini indikatornya yaitu menafsirkan, mencontohkan, mengklasifikasikan, merangkum, menyimpulkan, membandingkan dan menjelaskan. Dampak dan impak hasil penelitian menggunakan kajian literatur ini adalah bagi peneliti lainnya apabila ingin meneliti tentang model pembelajaran predict observe explain dan pemahaman konsep IPA siswa sekolah dasar bisa memperhatikan saran-saran yang telah diberikan peneliti. Kata Kunci: Predict Observe Explain, Pemahaman Konsep, IPA, Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 16 Feb 2022 08:12
Last Modified: 16 Feb 2022 08:12
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/594

Actions (login required)

View Item View Item