Yusnita, Anis (2021) Meningkatkan keterampilan membaca permulaan menggunakan metode eja dengan video animasi kelas 1 sekolah dasar (penelitian tindakan kelas pada meteri gemar membaca kelas 1 sd swasta 016 lpmrantau panjang. Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.
Text
Anis Yusnita-1786206009.pdf Download (20MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya keterampilan membaca permulaan siswa kelas 1 SD Swasta 016 LPM Rantau Panjang. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan metode eja dengan video animasi. Tujuan penelitian untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas 1 pada tema kegemaranku dengan menggunakan metode eja dengan video animasi. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahapan yakni, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Waktu penelitian dilaksanakan 15-22 September 2021. Subjek penelitian ini siswa kelas 1 berjumlah 18 orang. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi dan tes. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa keterampilan membaca permulaan siswa pada siklus 1 tergolong kurang efektif dengan persentase ketuntasan siswa 61% dengan nilai rata-rata 77, sedangkan siklus II mengalami peningkatan sangat baik yakni ketuntasan siswa 83% dengan rata-rata 83. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode eja dengan video animasi dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas 1 SD Swasta 016 LPM Rantau Panjang. Kata Kunci : Keterampilan, Membaca Permulaan, Metode Eja, Video Animasi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Lisa Dwi Anggraini |
Date Deposited: | 15 Feb 2022 07:37 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 09:09 |
URI: | http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/566 |
Actions (login required)
View Item |