Hidayah, Dhita and Alini, Alini and Zurrahmi, Zurrahmi and Novrika, Bri (2024) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN KESEJAHTERAAN SUBJEKTIF PADA SISWA/I DI SMAN 2 KUOK. Jurnal Ners Universitas Pahlawan, 8 (2). pp. 2152-2156. ISSN ISSN 2580-2194
![]() |
Text
16. HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN KESEJAHTERAAN SUBJEKTIF PADA SISWAI DI SMAN 2 KUOK.pdf Download (710kB) |
Abstract
Setiap individu mendambakan kesejahteraan subjektif untuk meningkatkan kualitas kehidupan sehari harinya, terutama bagi siswa yang seringkali dihadapkan pada keadaan yang sulit. Salah satu cara untuk meningkatkan kesejahteraan subjektif ini adalah melalui dukungan sosial teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan kesejahteraan subjektif pada siswa/i di SMAN 2 Kuok tahun 2024. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 75 responden dengan menggunakan teknik total sampling. Pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner yang dianalisis menggunakan uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dengan kesejahteraan subjektif dengan nilai p value = 0,001 (p ≤ 0,05). Diharapkan siswa dapat mempertahankan dan meningkatkan kesejahteraan subjektif dengan cara ikut terlibat dalam acara curhat sekolah, mengkomunikasikan perasaannya dalam berbagai situasi seperti perasaan menyenangkan, mempunyai harapan-harapan yang positif dalam proses belajar, masuk ke komunitas yang dia inginkan. Kata Kunci: Dukungan Sosial Teman Sebaya, Kesejahteraan Subjektif, Siswa/i
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Keperawatan (S1) |
Depositing User: | Alini Alini Alini |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 06:31 |
Last Modified: | 11 Jul 2025 06:31 |
URI: | http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/4326 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |