Rise, Rise and Alini, Alini and Indrawati, Indrawati (2024) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN PERAWAT DENGAN KEPUASAN KELUARGA PASIEN DI INSTALASI GAWAT DARURAT (IGD) RSUD BANGKINANG KOTA TAHUN 2023. Jurnal Kesehatan Tambusai, 3 (2). pp. 486-494. ISSN ISSN : 2774-5848 (Online) ISSN : 2774-0524 (Cetak)
![]() |
Text
13. HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN PERAWAT DENGAN KEPUASAN KELUARGA PASIEN DI INSTALASI GAWAT DARURAT (IGD) RSUD BANGKINANG KOTATAHUN 2023.pdf Download (190kB) |
Abstract
Kualitas pelayanan yaitu seberapa jauh perbedaan antara kenyataan dan harapan pelanggan atas pelayanan yang mereka terima. Prinsip umum pelayanan IGD mengenai standar IGD rumah sakit yaitu pasien gawat darurat harus ditangani dalam waktu 5 (lima) menit sejak kedatangannya di IGD. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis hubungan kualitas pelayanan perawat dengan kepuasan keluarga pasien di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Bangkinang Kota Tahun 2023. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Penelitian dilakukan pada tanggal 04-10 Juli 2023 dengan jumlah sampel 92 responden yang diperoleh menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisa data yang digunakan adalah analisa univariat dan bivariat dengan Uji Chi-Square. Hasil analisa univariat kualitas pelayanan dari dimensi Kehandalan diperoleh 51 responden (55,4%) mengatakan tidak handal, dari dimensi Ketanggapan diperoleh 57 responden (62,0) mengatakan tidak tanggap, dari dimensi Jaminan diperoleh 55 responden (59,8%) mengatakan tidak jaminan, dari dimensi Empati diperoleh 60 responden (65,2%) mengatakan tidak empati, dari dimensi Bukti Fisik diperoleh 33 responden (35,9%) mengatakan tidak menarik, dan berdasarkan kepuasan keluarga pasien diperoleh 59 responden (64,1) mengatakan tidak puas. Diperoleh hasil ada hubungan yang signifikan dari dimensi kehandalan (0,000), ketanggapan (0,000), dan dimensi empati (0,000) dengan kepuasan keluarga pasien di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Bangkinang Kota. Sedangkan dari dimensi jaminan (0,271) dan bukti fisik (0,259) tidak ada hubungan kualitas pelayanan perawat dengan kepuasan keluarga pasien di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Bangkinang Kota. Kata Kunci : Instalasi Gawat Darurat (IGD), Kepuasan Keluarga, Kualitas Pelayanan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Keperawatan (S1) |
Depositing User: | Alini Alini Alini |
Date Deposited: | 10 Jul 2025 11:53 |
Last Modified: | 10 Jul 2025 11:53 |
URI: | http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/4323 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |