Zulfah, Zulfah and Astuti, Astuti and Ezaldi, Dicky and firmansyah, Eri Hakim and Risali, Hafizah and Suryani, Lina and Putri, Melani Felantini and Aristi, Rian and Rahmadani, Yelvi Meta Analisis: High Order Thinking Skills. Journal on Education, 4 (3). ISSN 2655-1365
![]() |
Text
sinta 5 Meta Analisis High Order Thinking Skills.pdf Download (199kB) |
Abstract
High Order Thinking Skill atau Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi adalah salah satu kemampuan yang menjadi tujuan dalam pembelajaran matematika. Peserta didik dikatakan memiliki High Order Thinking Skills (HOTS) jika memenuhi tiga aspek yaitu menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Perlu dilakukan pembiasaan sejak dini, melaui berbagai model, strategi, atau pendekatan pembelajaran. Terdapat beberapa penelitian yang telah menguji pengaruh model pembelajaran, pendekatan, ataupun strategi pembelajaran diantaranya melalui penerapan Problem Based Learning, Project Based Learning Berbasis Web, pendekatan saintifik dan Problem Solving. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak model dan pendekatan pembelajaran terhadap HOTS. Penelitian ini menggunakan Metode meta-analisis dengan sebanyak sampel 5 artikel dari jurnal nasional dan berupa instrumen lembaran pemberian kode (coding category). Penelitian ini membuktikan bahwa pengaruh metode, model dan pendekatan terhadap HOTS, HOTS lebih dipengaruh oleh metode pembelajaran Problem Solving.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Zulfah Zulfah Zulfah |
Date Deposited: | 10 Jun 2025 03:26 |
Last Modified: | 10 Jun 2025 03:26 |
URI: | http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/3666 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |