Upaya Pengembangan Sosial Emosional Melalui Kegiatan Bermain Kooperatif Tipe Puzzle Pada Anak Kelompok A di TK IT Al-Mumtaz

Puspita, Putri (2024) Upaya Pengembangan Sosial Emosional Melalui Kegiatan Bermain Kooperatif Tipe Puzzle Pada Anak Kelompok A di TK IT Al-Mumtaz. Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
FULL TEXT ( PUTRI PUSPITA 2086207005 )_compressed.pdf

Download (11MB)

Abstract

Anak Usia Dini adalah mereka yang berusia 0-6 tahun yang sedang beradadalam fase proses pertumbuhan dan perkembangan paling pesat. Maka dari itu, seluruh aspek perkembangan anak harus distimulasi sejak dini agar dapat berkembang secara optimal. Termasuk perkembangan sosial emosional anak.Perkembangan sosial emosional adalah kemampuan individu untuk mengelola perasaannya dan berinteraksi dengan orang serta lingkungan sekitar, dalam bentuk ekspresi maupun tindakan. Perkembangan sosial emosional anak kelompok A di TK IT Al Mumtaz belum semua berkembang dengan optimal. Maka peneliti berinisiatif untuk melakukan penelitian tindakan kelas melalui bermain kooperatif tipe puzzle. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan dari kegiatan bermain kooperatif terhadap perkembangan sosial emosional pada anak kelompok A di TK IT Al Mumtaz. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sacara kolaboratif antara peneliti dengan guru. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan disetiap siklusnya dilaksanakan 2 kali pertemuan.Subjek penelitian ini adalah 8 anak kelompok A TK IT Al Mumtaz yang terdiri dari 4 laki-laki dan 4 perempuan. Objek penelitian adalah bermain kooperatif tipe puzzle dalam perkembangan sosial emosional. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi.Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi kegiatan anak dan kegiatan guru. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan deskriptif kuantitatif .Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan perkembangan sosial emosional melalui bermain kooperatif tipe puzzle. Berdasarkan hasil observasi pada pratindakan menunjukkan bahwa perkembangan sosial emosional anak sebesar 30% dengan rincian mampu mengendalikan perasaan sebesar 28%, mau berbagi, menolong dan membantu teman sebesar 28% dan mau manaati aturan sebesar 34%. Hal ini juga terlihat pada siklus I perkembangan sosial emosional anak dari 34% meningkat menjadi 76,5% pada siklus II. Maka dapat penulis simpulkan bahwa melalui bermain kooperatif tipe puzzle dapat meningkatkan perkembangan sosial emosional pada anak kelompok A di TK IT Al Mumtaz. Kata Kunci : Perkembangan Sosial Emosional, Bermain Kooperatif, Permainan Puzzle.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 09 Jun 2025 23:49
Last Modified: 09 Jun 2025 23:49
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/3627

Actions (login required)

View Item View Item