Upaya Meningkatkan Kemampuan Pengenalan Huruf Anak Usia Dini Melalui Bermain Kantong Ajaib

Yulia, Mila (2024) Upaya Meningkatkan Kemampuan Pengenalan Huruf Anak Usia Dini Melalui Bermain Kantong Ajaib. Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
FULL TEXT ( Mila Yulia 2086207014 ).pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan pengenalan huruf anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Kabupaten Kampar. Untuk itu diperlukan suatu penerapan yang konkret untuk dapat menemukan cara tepat berkenaan dengan kemampuan pengenalan huruf anak, yaitu bermain kantong ajaib. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui bermain kantong ajaib dapat meningkatkan kemampuan pengenalan huruf pada anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Kabupaten Kampar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan, yang sengaja di munculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama dengan Jumlah anak sebanyak 16 orang anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik persentase. Dari hasil penelitian tindakan kelas dan pembahasan seperti telah diuraikan diperoleh kesimpulan terhadap hasil penelitian ini yaitu dengan bermain kantong ajaib dapat meningkatkan kemampuan pengenalan huruf anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Kabupaten Kampar. Kemampuan pengenalan huruf anak pada Prasiklus, anak yang berada pada kriteria Belum Berkembang ada 9 anak yaitu sebesar 56%, kriteria Mulai Berkembang ada 5 anak yaitu sebesar 31% dan anak yang berada pada kriteria Berkembang Sesuai Harapan ada 2 anak yaitu sebesar 13% dan tidak terdapat satupun anak berkriteria Berkembang Sangat Baik. Pada siklus I anak yang berada pada kriteria Belum Berkembang terdapat 3 anak yaitu sebesar 19%, kriteria Mulai Berkembang terdapat 2 anak yaitu sebesar 13% pada kriteria Berkembang Sesuai Harapan sebanyak 9 anak yaitu sebesar 56% dan terdapat 2 anak yaitu sebesar 13% anak pada kriteria Berkembang Sangat Baik. Pada siklus II anak yang memiliki kriteria Mulai Berkembang ada 2 anak yaitu sebesar 13%, kriteria Berkembang Sesuai Harapan terdapat 3 anak yaitu sebesar 19% dan kriteria Berkembang Sangat Baik ada 11 anak yaitu sebesar 69%. Kata Kunci : Bermain Kantong Ajaib, Kemampuan Pengenalan Huruf

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Mrs Derima Febrike
Date Deposited: 09 Jun 2025 23:40
Last Modified: 09 Jun 2025 23:40
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/3624

Actions (login required)

View Item View Item