Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan dengan Penerapan Metode Bernyanyi Berbantuan Kartu Bergambar Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Aisyiyah Padang Merbau

Susanti, Eva (2023) Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan dengan Penerapan Metode Bernyanyi Berbantuan Kartu Bergambar Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Aisyiyah Padang Merbau. Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
FULL TEXT ( EVA SUSANTI 2086207036 ).pdf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan mengenal lambang bilangan anak TK Aisyiyah Padang Merbau. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di lapangan pada beberapa penilaian seperti menyebutkan angka 1-10, mengurutkan angka 1-10 dan membedakan angka 6 dan 9 yang bentuknya hampir mirip. Anak belum mampu melakukannya dengan baik dikarenakan beberapa faktor seperti pembelajaran yang kurang menarik. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan kemampuan mengenal lambang anak 5-6 tahun di TK Aisyiyah Padang Merbau, Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, dokumentasi, dan penilaian. Penelitian dilakukan dengan menggunakan dua siklus pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada setiap siklus yang dilakukan. Pada kemampuan mengenal lambang anak 54,44%, dan pada siklus I meningkat menjadi 62,22%. Selanjutnya pada siklus II meningkat menjadi 78,88%. Hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan anak melalui metode bernyanyi berbantuan media kartu bergambar pada anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Padang Merbau. Kata Kunci ; Mengenal Lambang Bilangan, Bernyanyi, Kartu Bergambar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 09 Jun 2025 23:06
Last Modified: 09 Jun 2025 23:06
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/3611

Actions (login required)

View Item View Item