Kurniati, Hasrah Dwi (2023) Penerapan Media Warna Berjalan Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Aisyiah Bustanul Atfhal Penyesawan. Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.
![]() |
Text
FULL TEXT ( HASRAH DWI KURNIATI 1986207038 )_compressed.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan kognitif anak di TK Aisyiyah Bustanul Atfhal Penyasawan. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di lapangan pada beberapa indikator, anak belum mampu melakukannya dengan baik dikarenakan beberapa faktor seperti kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak kurang bervariasi. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan media warna berjalan. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui apakah penerapan media warna berjalan dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Atfhal Penyasawan. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, dokumentasi, dan penilaian. Penelitian dilakukan dengan menggunakan dua siklus pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada setiap siklus yang dilakukan. Pada kemampuan kognitif anak pada kondisi awal yaitu 44,16%, dan pada siklus I meningkat menjadi 59,16%. Selanjutnya pada siklus II meningkat menjadi 91,66%. Hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan terhadap kemampuan kognitif anak melalui permainan warna berjalan pada anak usia 5-6 tahun di TK Aissyiyah Bustanul Athal Penyasawan. Kata Kunci : Kemampuan Kognitif, Permainan Warna, Media
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | Lisa Dwi Anggraini |
Date Deposited: | 07 Jun 2025 20:21 |
Last Modified: | 07 Jun 2025 20:21 |
URI: | http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/3575 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |