Lasiah, Lasiah (2023) Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Kegiatan Mencocokkan Tulisan dengan Lambang Bilangan. Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.
![]() |
Text
01. FULL TEXT (LASIAH NIM.1986207044).pdf Download (14MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan anak kelompok B TK Harapan Bangsa dalam mengenal lambang bilangan 1-10, Sebagian anak belum mampu mencocokkan bilangan dengan lambang bilangannya. Salah satu solusi yang ditawarkan oleh peneliti adalah mencoba kegiatan mencocokkan tulisan dengan lambang bilangan dengan untuk meningkatkan pemahaman mengenal lambang bilangan pada anak kelompok B di TK Harapan Bangsa. Jenis penelitian yang diterapkan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dah teknik dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah nilai BB pada pra tindakan 7 anak atau 41,18% Pada siklus I menjadi 2 anak atau 11,76% dan di siklus II menjadi 0 anak atau 0%, nilai MB pada pra tindakan sebesar 6 anak atau 35,209%, pada siklus 1 menjadi 5 anak atau 29,41% lalu di siklus II ada 1 anak atau 5,88%, nilai BSH pada pada pra tindakan ada 2 anak atau 11,76% Pada siklus 1 menjadi 6 anak atau 35,29% lalu Pada siklus II menjadi 5 anak atau 29,41% nilai terakhir BSB pada kegiatan pra tindakan ada 2 anak atau 11,76% Pada siklus 1 menjadi 4 anak atau 23,53% dan di akhir siklus II menjadi 11 anak atau 64,71% hasil ini menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan. Dengan demikian dapat disimpulakn bahwa kegiatan mencocokkan tulisan dengan lambang bilangan dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak. Hal ini juga disaran kepada guru-guru untuk mejadikan kegiatan ini sebagai kegiatan alternatif untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal lambang bilangan Kata Kunci : lambang bilangan, kegiatan mencocokkan, penelitian tindakan kelas
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | Lisa Dwi Anggraini |
Date Deposited: | 05 Jun 2025 18:48 |
Last Modified: | 05 Jun 2025 18:48 |
URI: | http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/3554 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |