Harpini, Harpini (2023) Upaya Meningkatkan Kognitif Anak Dengan Media Kincir Angka di TK Maya Permata Penyesawan pada Usia 4-5 Tahun. Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.
![]() |
Text
01. FULL TEXT (HARPINI NIM.1986207037).pdf Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya kemampuan kognitif anak dalam mengenal lambang bilangan sehingga memerlukan adanya penggunaan media untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan yaitu dengan media kincir angka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas anak saat proses belajar dalam kelas dengan menggunakan media kincir angka dan untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal lambang bilangan melalui media kincir angka pada anak TK B Maya Permata. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 10 anak. Metode pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi yang berbentuk checklist. Tehnik Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil observasi sebelum tindakan menunjukkan bahwa anak yang memiliki kemampuan mengenal lambang bilangan adalah 30,83% Pada siklus I meningkat menjadi 53,33%, dan pada siklus II telah mencapai indikator keberhasilan yaitu 81,66%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media kincir angka dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak TK B Maya Permata. Kata kunci: Media Kincir Angka, Kemampuan Kognitif, Mengenal Lambang Bilangan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | Lisa Dwi Anggraini |
Date Deposited: | 05 Jun 2025 18:35 |
Last Modified: | 05 Jun 2025 18:35 |
URI: | http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/3551 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |