Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyyah Melalui Permainan Kartu Huruf pada Anak Usia Dini Kelompok B di TK Harapan Insan Kuapan

Andriani, Fitri (2023) Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyyah Melalui Permainan Kartu Huruf pada Anak Usia Dini Kelompok B di TK Harapan Insan Kuapan. Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
01. FULL TEXT (FITRI ANDRIANI NIM.1986207040).pdf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca huruf hijiyyah anak TK Harapan Insan Kuapan. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di lapangan pada beberapa penilaian seperti mengucapkan bunyi huruf, Membedakan huruf hijaiyyah yang bentuknya hampir mirip. Anak belum mampu melakukannya dengan baik dikarenakan beberapa faktor seperti pembelajaran yang kurang menarik. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan kemampuan membaca huruf hijaiyyah anak usia dini kelompok B di TK Harapan Insan Kuapan, Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, dokumentasi, dan penilaian. Penelitian dilakukan dengan menggunakan dua siklus pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada setiap siklus yang dilakukan. Pada kemampuan membaca huruf hijaiyyah anak 44,23%, dan pada siklus I meningkat menjadi 66,34%. Selanjutnya pada siklus II meningkat menjadi 88,46%. Hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan terhadap kemampuan membaca huruf hijaiyyah anak melalui permainan kartu huruf pada anak usia dini kelompok B di TK Harapan Insan Kuapan. Kata Kunci ; Membaca, Huruf Hijaiyyah, Permainan Kartu Huruf

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 05 Jun 2025 18:28
Last Modified: 05 Jun 2025 18:28
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/3549

Actions (login required)

View Item View Item