Peningkatan Keterampilan Proses Sains IPA dengan menggunakan Metode Eksperimen di Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas pada Tema Energi dan Perubahannya Kelas III SD Pelangi School Kecamatan Batam Kota Tahun Pelajaran 2020/2021)

Maasus, Soni Bernadus (2020) Peningkatan Keterampilan Proses Sains IPA dengan menggunakan Metode Eksperimen di Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas pada Tema Energi dan Perubahannya Kelas III SD Pelangi School Kecamatan Batam Kota Tahun Pelajaran 2020/2021). Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
1686206139- COVER dan DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1686206139-BAB I - III-dikonversi.pdf

Download (5MB)
[img] Text
1686206139-BAB IV & V DAFTAR PUSTAKA-dikonversi.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswarndengan penggunaan metode eksperimen pada pembelajaran IPA siswa kelas IIIrnSD Pelangi School Kecamatan Batam kota. Jenis penelitian ini adalah PenelitianrnTindakan Kelas (PTK). Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis danrnMc Taggart yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan,rndan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Pelangi School yangrnberjumlah 14 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdirirndari satu kali pertemuan. Data yang dikumpulkan yaitu skor keterampilan prosesrnsiswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah melalui observasirndan lembar kerja siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembarrnobservasi dan lembar kerja siswa. Penelitian ini menggunakan teknik analisis datarndeskriptif kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian yaiturnapabila sesudah tindakan minimal 80% atau 11 siswa memperoleh skorrnketerampilan proses minimal baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwarnpenerapan metode eksperimen dapat meningkatkan keterampilan proses siswarnpada siklus I tergolong baik dengan nilai rata-rata 73,84. Sedangkan presentasernklasikal dari 14 siswa yang tuntas pada siklus I sebesar 69,23%. Pada siklus IIrnmengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 80 dari 14 siswa terdapat 11 siswarnyang tuntas dengan ketuntasan klasikal 84,61%. Dengan demikian dapatrndisimpulkan bahwa penggunaan metode eksperimen dapt meningkatkanrnketrampilan proses sains siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas III SDrnPelangi School Kecamatan Batam Kota.rnKata kunci: Ketrampilan Proses sains, Metode Eksperimen

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 13 Oct 2021 07:20
Last Modified: 13 Oct 2021 07:20
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/338

Actions (login required)

View Item View Item