Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Dengan Menggunakan Model Cooperative Picture and Picture (Penelitian Tindakan Kelas pada Tema Karangan Deskripsi di Kelas IV SD Negeri 006 Sekupang Kota Batam)

Lina, Indri May (2020) Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Dengan Menggunakan Model Cooperative Picture and Picture (Penelitian Tindakan Kelas pada Tema Karangan Deskripsi di Kelas IV SD Negeri 006 Sekupang Kota Batam). Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
16862061109-Cover dan Daftar Lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
16862061109-BAB 1-3.pdf

Download (5MB)
[img] Text
16862061109-Bab IV-V Dan Daftar Pustaka.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi oleh kurangnya keterampilan menulis karanganrndeskripsi siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 006rnSekupang Batam. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini denganrnmenggunakan media pembelajaran yaitu model Picture and Picture. Penelitian inirnbertujuan untuk mengetahui peningkatan pada keterampilan menulis karanganrndeskripsi dengan menggunakan Picture and Picture diterapkan pada siswa kelasrnIV SD Neferi 006 Sekupang Batam. Metode penelitian ini adalah PenelitianrnTindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari duarnpertemuan dan empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, danrnrefleksi. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Januari 2020. Subjekrnpenelitian ini adalah kelas IV di SD Negeri 006 Sekupang Batam yang berjumlahrn26 orang, terdiri dari 8 orang siswa perempuan dan 18 orang siswa laki – laki.rnTeknik pengumpulan data berupa observasi dan tes tertulis. Hasil penelitian inirndapat disimpulkan bahwa Picture and Picture dapat meningkatkan keterampilanrnmenulis karangan deskripsi siswa. Hal ini terbukti dari perbandingan hasil siswarnsetiap siklus. Pada siklus I rata – rata keterampilan menulis karangan deskripsirnsiswa yaitu59,54% dengan presentasi sedang, dan persentase ketuntasan kalsikalrnyaitu 15,38% dengan rata – rata 58,31. Kemudian pada siklus II rata“ ratarnketerampilan menulis siswa yaitu 84,77% dengan kategori tinggi, dan persentasernketuntasan klasikal 100% atau mencapai KKM yaitu 78, dengan rata – rata nilairn84,92. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan Picture and Picture dapatrnmeningkatkan keterampilan menulis karangan deksripsi siswa kelas IV SD Negerirn006 Sekupang Batam tahun ajaran 2019/2020.rnKata kunci : Keterampilan menulis karangann deksripsi dan Picture and Picture

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 13 Oct 2021 04:42
Last Modified: 13 Oct 2021 04:45
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/335

Actions (login required)

View Item View Item