Marleni, Lusi (2024) Pemanfaatan Laboratorium Bahasa di Tingkat Universitas. Journal of Education Research, 5 (2). pp. 2190-2198. ISSN 2746-0738
![]() |
Text
ARTIKEL SINTA 4 JUDUL PEMANFAATAN LABORATORIUM GABUNG.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
ARTIKEL SINTA 4 JUDUL PEMANFAATAN LABORATORIUM.pdf Download (686kB) |
Abstract
Universitas dapat mengevaluasi apakah laboratorium bahasa digunakan secara optimal oleh dosen dan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan pemanfaatan laboratorium bahasa sebagai fasilitas pembelajaran bahasa di Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Penelitian deskriptif ini dilaksanakan dari bulan Maret sampai Juni dua ribu dua puluh empat dengan menggunakan lembar observasi dan wawancara kepada pihak yang terkait di laboratorium bahasa Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Data yang terkumpul dianalasis secara deskriptif dengan menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fasilitas yang ada di laboratorium bahasa Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai sudah tersedia perangkat keras dan lunak yang lengkap. Yang terdiri dari empat puluh komputer mahasiswa dan satu komputer dosen. Selain itu dilengkapi dengan headphone, microphone, TV LED. Beberapa perangkat lunak terdiri dari aplikasi pembelajaran TOEFL dan CAT yang dilengkapi dengan akses internet yang kuat. Laboratorium bahasa ini dimanfaatkan untuk proses pembelajaran bahasa. Selain itu juga digunakan dalam penyelenggaraan webinar dan perlu ditingkatkan. Pemanfaatan laboratorium bahasa sangat bermanfaat bagi civitas akademika. Secara keseluruhan, laboratorium bahasa di Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai telah berfungsi dengan baik dan memberikan kontribusi positif bagi pembelajaran bahasa di lingkungan universitas.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Lusi Lusi Marleni |
Date Deposited: | 15 Apr 2025 05:58 |
Last Modified: | 15 Apr 2025 05:58 |
URI: | http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/3108 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |