Safitri, Diana Ike (2021) Penerapan Model Pembelajaran Make a Match untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Tingkat Tinggi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.
Text
DIANA IKE SAFITRI 1786206022.pdf Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan kognitif tingkat tinggi siswa di kelas V SDN 021 Bangkinang. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan kognitif tingkat tinggi siswa dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match pada siswa kelas V SDN 021 Bangkinang. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdapat dua pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Juli selama dua minggu 2021. Subjek penelitian ini siswa kelas V yang berjumlah 14 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes dan observasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan kognitif tingkat tinggi siswa mengalami peningkatan pada setiap siklus, dimana hasil persentase pada siklus I pertemuan I mencapai (53%), pertemuan II meningkat menjadi (58%) sedangkan pada siklus II pertemuan I (67%), dan pertemuan II meningkat mencapai (80%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan kemampuan kognitif tingkat tinggi siswa di kelas V SDN 021 Bangkinang. Kata Kunci : Kemampuan Kognitif Tingkat Tinggi, Model Make a MatchPenelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan kognitif tingkat tinggi siswa di kelas V SDN 021 Bangkinang. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan kognitif tingkat tinggi siswa dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match pada siswa kelas V SDN 021 Bangkinang. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdapat dua pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Juli selama dua minggu 2021. Subjek penelitian ini siswa kelas V yang berjumlah 14 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes dan observasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan kognitif tingkat tinggi siswa mengalami peningkatan pada setiap siklus, dimana hasil persentase pada siklus I pertemuan I mencapai (53%), pertemuan II meningkat menjadi (58%) sedangkan pada siklus II pertemuan I (67%), dan pertemuan II meningkat mencapai (80%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan kemampuan kognitif tingkat tinggi siswa di kelas V SDN 021 Bangkinang. Kata Kunci : Kemampuan Kognitif Tingkat Tinggi, Model Make a Match
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Lisa Dwi Anggraini |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 08:13 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 08:13 |
URI: | http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/2160 |
Actions (login required)
View Item |