Sari, Ela Maya (2021) Penerapan Pendekatan Matematika Realistik dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas II SDN 013 Tandun (Penelitian Tindakan Kelas pada Materi Penjumlahan Benda ke Dalam Bentuk Bilangan SDN 013 Tandun). Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.
Text
ELA MAYA SARI 1786206028.pdf Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa pada materi penjumlahan bilanganan dengan pendekatan matematika realistik siswa kelas II SDN 013 Tandun Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan setiap siklusnya dilakukan 2 kali pertemuan. Objek penelitian adalah minat belajar siswa. Teknik analisis data dilakukan secara deskripsi kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus berlangsung 2 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa meningkat setelah adanya tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan minat belajar siswa SDN 013 Tandun. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan jumlah siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) dan peningkatan nilai rata-rata kelas dan klasikal. nilai rata-rata dan persentasi ketuntasan klasikal sebelum tindakah 16% dengan rata-rata 32, siklus I pertemuan I 32% dengan rata-rata 49,55, pada siklus I pertemuan II 52% dengan rata-rata 59,05 dan siklus II pertemuan I 72% dengan rata-rata 76,25, pada siklus II Pertemuan II 88% dengan rata-rata 84,8. Kata Kunci : Pendekatan Matematika Realistik, Minat Belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Lisa Dwi Anggraini |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 08:00 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 08:00 |
URI: | http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/2158 |
Actions (login required)
View Item |