Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hadil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V SDN 020 Ridan Permai

Hajat, Khairul (2021) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hadil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V SDN 020 Ridan Permai. Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
KHAIRUL HAJAT 1786206063 (1).pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V SDN 020 Ridan Permai. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V SDN 020 Ridan Permai dengan Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dan metode analisis data secara kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN 020 Ridan Permai,. Untuk Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode tes dan metodedokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kuantitatif yang terdiri dari Analisis / Uji Coba Instrumen Tes, Analisis Awal, Analisis Tahap Ahir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Berpengaruh terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V SDN 020 Ridan Permai. Dapat dilihat dari perhitungan uji perbedaan rata–rata kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh t hitung = 3,168 dan t tabel = 1,676. Karena thitung > ttabel dengan dk 48 dan tingkat signifikansi 5%, maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa dengan model pembelajaran discovery learning lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar siswa dengan pembelajaran konvensional (ceramah). Berdasarkan data yang ada, diperoleh rata-rata hasil belajar siswa dengan model pembelajaran discovery learning (kelas eksperimen) sebesar 87,33 dan rata-rata hasil belajar siswa dengan pembelajaran konvensional (kelas kontrol) sebesar 75,03. Dari penguji hipotesis dan nilai rata-rata kedua kelas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar matematika materi sifat bangun datar sederhana Kelas V SDN 020 Ridan Permai. Kata Kunci: Hsil Belajar, Discovery Learning, Pembelajaran matematika materi sifat bangun datar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 09 Aug 2024 09:14
Last Modified: 09 Aug 2024 09:14
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/2149

Actions (login required)

View Item View Item