Nurvahana, Nurvahana (2021) Penerapan Model Number Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Kerja Sama dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas V SD Negeri 007 Sipungguk. Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.
Text
NURVAHANA 1786206097.pdf Download (16MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kerja sama siswa dalam pembelajaran Tematik siswa kelas V SD Negeri 007 Sipungguk, Kecamatan Salo, Kabupaten Kampar. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan ini dengan menggunakan model Number Head Together (NHT). Penelitian ini bertujuan agar adanya peningkatan kerja sama siswa melalui model number head together (NHT). Penelitian ini dimulai tanggal 09 Agustus 2021 sampai 14 Agustus 2021 dan dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Penelitian ini melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 20 siswa terdiri dari 9 siswa perempuan dan11siswa laki-.laki. teknik pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini disimpulkan adanya peningkatan kerja sama siswa dalam pembelajaran Tematik siswa kelas V pada siklus I tergolong baik dengan jumlah siswa yang tuntas 11 siswa dari 20 siswa sedangkan persentase ketuntasan klasikal 55%. pada siklus II jumlah siswa yang tuntas siswa yang tuntas mengalami peningkatan 17 siswa dari 20 siswa sedangkan ketuntasan klasikal 85%. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model number head together (NHT) terjadi peningkatan kerja sama siswa pada pembelajaran Tematik di kelas V SD Negeri 007 Sipungguk.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Lisa Dwi Anggraini |
Date Deposited: | 08 Aug 2024 12:59 |
Last Modified: | 08 Aug 2024 12:59 |
URI: | http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/2132 |
Actions (login required)
View Item |