Tamara, Maidini (2022) Penerapan Metode Pembelajaran Drill Berbantuan Media Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Nyaring pada Siswa Sekolah Dasar. Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.
Text
01. FULL TEXT (MAIDINI TAMARA NIM.1886206015).pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan keterampilan membaca nyaring siswa kelas II SDN 014 Kuok tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 13 orang siswa. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahap pembelajaran yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus 2022. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi dan tes. Hasil keterampilan membaca nyaring siswa kelas II SDN 014 Kuok pada pratindakan nilai rata-rata 52,30 dengan persentase ketuntasan 38%. Pada siklus I pertemuan I nilai rata-rata 52,69 dengan persentase ketuntasan belajar 38% dan pada siklus I pertemuan II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 56,15 dengan persentase ketuntasan belajar 46%. Pada siklus II pertemuan I mengalami peningkatan juga dengan nilai rata�rata 61,53 dengan persentase ketuntasan belajar 62% dan pada siklus II pertemuan II mengalami peningkatan lagi dengan nilai rata-rata 64,61 dengan persentase ketuntasan belajar 85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode pembelajaran drill berbantuan media cerita bergambar dapat meningkatkan keterampilan membaca nyaring siswa kelas II SDN 014 Kuok. Kata Kunci : Metode pembelajaran drill, media cerita bergambar, keterampilan membaca nyaring
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Lisa Dwi Anggraini |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 05:43 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 05:43 |
URI: | http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/2116 |
Actions (login required)
View Item |