Fatma, Mora and Piliati, Indros and Budiarti, Budiarti and Putra, Iwan and Wahyuni, Molli and Masrul, Masrul (2022) Pengaruh Media Game Edukasi Sebagai Inovasi Pembelajaran Muatan PPKN Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V SD. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 31 (1). pp. 68-77. ISSN ISSN 0854-8285 (cetak); ISSN 2581-1983 (online)
Text
26053-88731-1-PB.pdf Download (217kB) |
|
Text
Turnitin.pdf Download (1MB) |
|
Text
HAKI 2.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh game edukasi pada muatan PPKN terhadap minat belajar siswa kelas V SDN 018 Ujungbatu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sample yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 20 siswa, yaitu siswa SDN 018 Ujungbatu. Instrumen penelitian yang digunkan yaitu angket penggunaan media dan angket minat belajar siswa. Uji prasayarat melalui uji normalitas dan uji linieritas. Uji hipotesis menggunakan regresi liner setelah terbukti data memenuhi unsur normalitas dan linieritas data. Berdasarkan hasil uji regresi sederhana diperoleh nilai game edukasi terjadi penambahan sebanyak 0,383. Uji lanjut yang dilakukan yaitu pada nilai signifikansi 5%, nilai t menunjukkan nilai thitung 2,105 > ttabel sebesar 2,093. Dapat disimpulkan game edukasi memberikan pengaruh pada minat belajar siswa kelas V SDN 018 Ujungbatu sebagai inovasi pembelajaran muatan PPKn
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: game edukasi; minat belajar; inovasi pembelajaran |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Mrs Derima Febrike |
Date Deposited: | 30 Nov 2022 02:05 |
Last Modified: | 23 Apr 2024 08:23 |
URI: | http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/1187 |
Actions (login required)
View Item |