Witarsa, Ramdhan and Dista, Dini Xena (2020) Analisis Jawaban Siswa Usia 6 sampai 8 tahun terhadap Pembelajaran Sains Kreatif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4 (1). pp. 58-66. ISSN ISSN: 2549-8959
Text
1. Artikel 1.pdf Download (543kB) |
|
Text
2. Hasil Peer Review Artikel 1.pdf Download (1MB) |
|
Text
3. Hasil Cek Plagiat Artikel 1 (16%).pdf Download (4MB) |
|
Text
4. Bukti Korespondensi Artikel 1.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian dari artikel ini adalah untuk menganalisis jawaban-jawaban siswa sekolah dasar kelas rendah terhadap pertanyaan-pertanyaan yang diberikan guru saat pembelajaran sains kreatif yang dilakukan di kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif. Guru memberikan sejumlah pertanyaan mengenai sains, kemudian siswa merespon jawaban tersebut, dan kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Pertanyaan-pertanyaan yang guru berikan berupa pertanyaan tertutup dan terbuka tergantung maksud dan tujuan pertanyaan tersebut diberikan. Hasil penelitian menunjukan bahwa jawaban-jawaban siswa sekolah dasar kelas rendah terhadap pembelajaran sains kreatif menunjukan jawaban-jawaban yang tergolong pada aspek-aspek kreatif. Kebaruan penelitian ini menunjukan bahwa aspek kreatif sudah nampak berkembang secara terstruktur pada siswa sekolah dasar kelas rendah. Pembelajaran sains kreatif perlu diterapkan sejak dini di sekolah-sekolah dasar agar kemampuan berpikir kreatif siswa berkembang dengan baik secara terstruktur. Kata Kunci: kreatif; pembelajaran; sains; siswa kelas rendah.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kreatif,pembelajaran,sains,siswa kelas rendah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Mrs Derima Febrike |
Date Deposited: | 12 Aug 2022 02:05 |
Last Modified: | 14 Aug 2022 01:50 |
URI: | http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/1094 |
Actions (login required)
View Item |